Selain Bank, Ini Dia Tempat Peminjaman Uang yang Umum di Indonesia


Kondisi perekonomian di Indonesia terus mengalami fluktuasi, yang akhirnya berdampak terhadap kondisi masyarakatnya yang semakin sulit memenuhi kebutuhan hidupnya. Kondisi tersebutlah yang membuat sebagian orang terpaksa harus mencari pinjaman uang guna menutupi kebutuhan sehari-hari atau untuk memulai usaha baru.

Namun, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui tempat apa saja yang bisa dijadikan sebagai tempat peminjaman uang. Lantas, tempat apa saja yang bisa menyediakan pinjaman bunga rendah? Terdapat beberapa tempat peminjaman yang bisa Anda pilih, berikut ulasan lengkapnya.

Selain Bank, Ini Dia Tempat Peminjaman Uang yang Umum di Indonesia

Tempat Peminjaman Uang
1.       Bank
Salah satu tempat peminjaman uang yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia yaitu lembaga perbankan. Bank dipercaya relatif lebih aman dan terjamin, meski persyaratan yang digunakan cukup banyak.

Anda juga tidak perlu merasa khawatir apabila tidak memiliki barang berharga untuk jaminan, karena saat ini telah banyak bank yang menyediakan pinjaman tanpa adanya jaminan atau kredit tanpa agunan yang melayani pinjaman tanpa meminta jaminan kepada calon peminjam.

2.       Lembaga Non-Bank
Koperasi merupakan salah satu lembaga non-bank yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif tempat peminjaman uang. Agar bisa melakukan peminjaman, maka Anda terlebih dahulu harus menjadi anggota koperasi.

Apabila Anda telah menjadi anggota koperasi, maka Anda bisa memperoleh dana pinjaman yang nominalnya sesuai dengan barang berharga jaminan Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pinjaman pada Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang menawarkan pinjaman tanpa ada jaminan.

3.       Pegadaian
Pegadaian merupakan lembaga keuangan yang berkekuatan hukum yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif tempat peminjaman uang. Pegadaian merupakan perusahaan BUMN (badan Usaha Milik Negara) yang dipercaya masyarakat sebagai tempat peminjaman dengan risiko yang rendah, prosesnya pun terbilang singkat.

Calon peminjam atau nasabah harus membawa barang berharga yang nantinya akan dijadikan sebagai jaminan dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan. Jangka waktu tersebut tentu bisa diperpanjang, caranya dengan membayar sewa modal atau mengangsur sebagian uang pinjaman tersebut

4.       Lembaga Perorangan
Selan beberapa tempat tersebut, ada juga lembaga perorangan yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif tempat peminjaman uang. Lembaga perorangan tersebut bisanya menyediakan pinjaman secara online menggunakan platform website.

Seperti lembaga pinjaman uang Amartha yang memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan akses permodalan bagi usaha mikro, dan turut berusaha berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Indonesia.

5.       Kerabat atau Teman
Tempat peminjaman uang yang terakhir yaitu kerabat atau teman. Dengan meminjam uang kepada sanak saudara atau teman maka Anda tidak perlu memikirkan bunga pinjaman, selain itu Anda juga tidak perlu direpotkan dengan persyaratan yang rumit.

Itu tadi beberapa tempat peminjaman yang bisa Anda jadikan pilihan dalam melakukan peminjaman. Pilihlah tempat peminjaman uang yang memiliki bunga rendah, dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.